Kegiatan Ekonomi




Kegiatan ekonomi adalah perilaku atau tindakan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang kegiatan tersebut didasari oleh prinsip-prinsip ekonomi. Disadari atau tidak, hampir setiap aktivitas manusia tidak lepas dari kegiatan ekonomi. Seorang karyawan yang bekerja di kantor melayani pertanyaan customer juga melakukan kegiatan ekonomi. Seorang pengusaha yang membayarkan gaji kepada karyawan yang melakukan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi sudah berlangsung sejak jaman dahulu. Karena kebutuhan manusia sudah ada sejak manusia baru lahir di bumi ini. Di zaman pra sejarah, kegiatan ekonomi berupa berburu, bercocok tanam, menebang pohon di hutan, dan beternak. Seiring dengan berkembangnya zaman, kegiatan ekonomi bervariasi menjadi banyak.

Kegiatan manusia yang dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya dibagi menjadi 3 yaitu produksi, distribusi dan konsumsi.

1. Produksi

Produksi adalah kegiatan menciptakan atau menghasilkan suatu produk sehingga bisa dimanfaatkan oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Produk yang dihasilkan dari kegiatan produksi meliputi barang mentah, barang setengah jadi dan barang jadi yang siap didistribusikan ke produsen lain atau konsumen.
Tujuan kegiatan produksi selain untuk memenuhi kebutuhan konsumen juga agar memperoleh keuntungan sebesar-besarnya, menghasilkan barang setengah jadi untuk produksi selanjutnya, meningkatkan produksi negara untuk kemakmuran rakyat, meningkatkan pendapatan negara dan masyarakat serta meningkatkan sumber devisa ketika memproduksi barang ekspor.

2. Distribusi

Distribusi merupakan kegiatan penyaluran dan pengiriman produk dari produsen ke konsumen. Distributor memastikan produk dapat diterima di tangan konsumen dalam kondisi baik.Ciri kegiatan distribusi antara lain menyalurkan produk hasil produksi, menggunakan tranportasi untuk menyalurkannya serta melibatkan produsen dan konsumen dalam prosesnya. Alur kegiatan distribusi meliputi membeli dari produsen, pengangkutan, pengemasan, penyimpanan, standarisasi kualitas dan klasifikasi barang, memasarkan barang dan penyaluran ke konsumen atau pedagang retail. Kegitan distribusi memiliki dua sistem yaitu distribusi langsung dan distribusi tidak langsung.

  • Distribusi langsung: produsen menyalurkan produk atau jasa langsun ke konsumen tanpa melalui perantara.
  • Distribusi tidak langsung: penyaluran produk atau jasa dilakukan dengan perantara atau pedagang.
3. Konsumsi

Konsumsi adalah kegiatan ekonomi yang berupa menggunakan atau menghabiskan barang hasil produksi atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen akan digunakan oleh konsumen secara bertahap atau mungkin sekaligus habis.Setidaknya ada tiga ciri barang konsumsi, antara lain:

  • Ketika memperolehnya dibutuhkan pengorbanan
  • Dibuat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia
  • Manfaat nilai atau jumlahnya akan habis secara langsung atau bertahap.

Konsumsi sebagai salah satu kegiatan ekonomi memiliki tujuan:

  • Memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani atau rohani
  • Mengurangi atau menghabiskan nilai guna barang atau jasa secara bertahap atau sekaligus.

Untuk lebih memahami mengenai kegiatan ekonomi silahkan di klik link ini dan nonton videonya : https://youtu.be/xIB4ZxpMs3k


Lalu kerjakan soal-soal berikut ini: https://forms.gle/madPnGBKjmEDUURX8


Post a Comment